Be You Be True
Be You Be True
Recover Together, Recover Stronger
Home / News / Politik

Sejumlah Guru Besar, Dosen dan Mahasiswa Undip Serukan Indonesia Darurat Demokrasi

Rabu - 07 Feb 2024, 13:29 WIB
Foto: Civitas Acedemica Universitas Diponegoro turut serta dalam pernyataan sikap Indonesia Darurat Demokrasi
Annual Fashion Sale
Editor : Joko Yuwono

Semarang, Gojateng.com -- Menyusul civitas akademica UGM, UI dan banyak perguruan tinggi yang lain membuat petisi dan seruan moral, sejumlah guru besar, dosen, dan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyerukan Indonesia Dalam Darurat Demokrasi.

Seruan pernyataan sikap itu dilakukan setelah mencermati perkembangan konstelasi politik nasional menjelang Pemilu/Pilpres 2024.

Aksi diikuti puluhan guru besar dan dosen, serta ratusan mahasiswa, dan digelar di Taman Inspirasi depan Widya Puraya Kompleks Kampus Undip Semarang, Rabu (7/2/24) pagi.

“Ada tiga puluhan guru besar yang bergabung. Kami sangat memprihatinkan kalau terjadi penekanan, hari ini adalah bentuk penolakan dari segala bentuk intimidasi,” tegas Prof. Suradi Wijaya Saputra, Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip, yang mewakili peserta aksi, membacakan pernyataan Indonesia Dalam Darurat Demokrasi tersebut.

Baca Juga: Ketahui, Tidak Semua Jenis Penyakit Ditanggung BPJS, Apa Saja?

Suradi mengungkapkan, situasi saat ini diawali dari keputusan Mahkamah Konstitusi tentang perubahan batas umur calon presiden dan wakil presiden.

"Adanya Putusan Mahkamah Konstitusi nomor 90/PUU-XXI/2023 yang diikuti oleh pelanggaran etika dalam kehidupan berdemokrasi,” ungkap Suradi. Dari situ, lanjutnya, kemudian terjadi pelanggaran etika yang mengganggu kehidupan demokrasi.

Maka guru besar, dosen, BEM se-Undip Semarang berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi menyerukan kepada penyelenggara dan masyarakat luas, yang terangkum dalam 5 poin yang disampaikan para civitas akademika.

Baca Juga: Tiga Tahun Berturut-turut, Jawa Tengah Raih Rekor Kategori "Hijau" di Survei Penilaian Integritas

Halaman :

Kata Kunci : Sejumlah Guru Besar, Dosen dan Mahasiswa Undip Serukan Indonesia Darurat Demokrasi

Bank Indonesia
Rekomendasi
Berita Lainnya
BUMN Bersatu
Pasang Iklan
Berita Foto
Blibli dot com
English CHANNEL
Lihat Semua
Ohayo CHANNEL
Lihat Semua