Be You Be True
Be You Be True
Recover Together, Recover Stronger
Home / News / Digital

Memahami Bisnis Ritel dan Karakteristiknya di Era Digital

Kamis - 20 Jul 2023, 20:45 WIB
Foto: Ilustrasi bisnis retail
Annual Fashion Sale
Editor : Joko Yuwono

Jakarta, Gojateng.com -- Bisnis ritel adalah istilah kerap kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Istilah tersebut berkaitan dengan usaha menjual barang atau jasa kepada pembeli secara langsung.

Pada dasarnya, bisnis ritel adalah bisnis yang melibatkan penjualan barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan atau eceran. Konsumen yang membeli produk atau jasa secara eceran ini bertujuan untuk mengonsumsinya atau menggunakannya secara pribadi dan tidak menjualnya kembali. Itulah mengapa bisnis ritel juga disebut sebagai mata rantai akhir pasokan atau supply chain.

Bisnis ritel berbeda dari bisnis grosir karena konsumen tidak menjual kembali produk yang telah dibelinya. Sementara pada bisnis grosir konsumen menjual kembali produk yang telah dibelinya. Hal ini tentu saja berdampak besar pada harga barang yang ditawarkan di level ritel dan grosir.

Lantas bagaimana rantai persediaan barang pada bisnis ritel berjalan?

Baca Juga: Ketahui, Tidak Semua Jenis Penyakit Ditanggung BPJS, Apa Saja?

Rantai persediaan barang bisnis ritel terdiri dari produsen, grosir, ritel dan konsumen. Produsen secara langsung berhubungan dengan bisnis grosir, kemudian bisnis grosir menjual pada pemilik bisnis ritel, lalu peritel menjualnya kembali pada konsumen yang menggunakan produk tersebut secara langsung.

Fungsi Bisnis Ritel

Menjadi bagian terakhir dari rantai persediaan produk memberikan fungsi tersendiri bagi bisnis ritel. Untuk menjadi pebisnis ritel yang sukses, memahami fungsi bisnis ritel adalah hal yang krusial. Berikut beberapa fungsinya secara umum.

Baca Juga: Tiga Tahun Berturut-turut, Jawa Tengah Raih Rekor Kategori "Hijau" di Survei Penilaian Integritas

Halaman :

Kata Kunci : bisnis ritel, program ipos, software toko

Bank Indonesia
Rekomendasi
Berita Lainnya
BUMN Bersatu
Pasang Iklan
Berita Foto
Blibli dot com
English CHANNEL
Lihat Semua
Ohayo CHANNEL
Lihat Semua