Be You Be True
Be You Be True
Recover Together, Recover Stronger
Home / News / Ulasan

Kolaborasi adalah Kunci Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah

Jumat - 04 Nov 2022, 20:52 WIB
Foto: Kolaborasi Kunci Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah
Annual Fashion Sale
Editor : Joko Yuwono

Jakarta, Gojateng.com -- Praktisi Keuangan Syariah Deny Hendrawati menjelaskan bahwa salah satu kunci keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah memperluas kemitraan atau kolaborasi. Hal ini ia buktikan ketika memimpin sebuah bank syariah melakukan pembinaan terhadap koperasi dan UMKM.

“Dengan melakukan kemitraan atau kolaborasi yang tepat dengan berbagai pihak, yakni lembaga keuangan, Komunitas, Badan Wakaf dan lain-lain, maka semua lembaga akan berdaya. Persoalannya adalah bagaimana memperkuat kolaborasi atau kemitraan ini,” katanya dalam peluncuran buku yang menceritakan pengalamannya dalam judul “Perjuangan Wanita Membangun Keuangan Syariah” di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Jumat (4/11/2022).

Buku yang ditulis Syaefurrahman Albanjary ini menceritakan bagaimana mengembangkan keuangan syariah dari pengalaman praktik Deny Hendrawati.

Buku ini juga mengungkapkan pemikirannya tentang melejitkan koperasi sebagai sokoguru ekonomi nasional, juga tentang bagaimana mengembangkan UMKM yang jumlahnya mencapai 64 juta agar lebih berdaya dan mandiri.

Baca Juga: Deny Hendrawati: Keunikan Prinsip Syariah Solusi Pemberdayaan Ekonomi Umat

Deny Hendrawati memberikan contoh bagaimana membina UMKM dan Koperasi, memperbaiki manajemen, melakukan diversifikasi usaha, menyalurkan pembiayaan dan melakukan evaluasi serta mengikuti perkembangan teknologi digital.

Manajemen ini ia terapkan hingga kini. Beberapa contoh yang diungkap dalam buku ini antara lain bagaimana BMT Sidogiri yang berhasil memiliki asset hingga Rp3 trilyun.

BMT yang bernama lengkap Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT UGT (Usaha Gabungan Terpadu) ini dipimpin KH. Abdul Majid Umar, yang juga memberikan kesaksian dalam diskusi tersebut.

Baca Juga: Restoran di Shibuya Ini Gunakan Robot untuk Layani Tamu

Halaman :

Kata Kunci : Kolaborasi adalah Kunci Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah

Bank Indonesia
Rekomendasi
Berita Lainnya
BUMN Bersatu
Pasang Iklan
Berita Foto
Blibli dot com
English CHANNEL
Lihat Semua
Ohayo CHANNEL
Lihat Semua