Be You Be True
Be You Be True
Recover Together, Recover Stronger
Home / News / Inspirasi

Deny Hendrawati: Keunikan Prinsip Syariah Solusi Pemberdayaan Ekonomi Umat

Jumat - 04 Nov 2022, 19:19 WIB
Foto: Peluncuran dan diskusi buku berjudul "Perjuangan Wanita Membangun Keuangan Syariah" di Jakarta (04/11/2022)
Annual Fashion Sale
Editor : Joko Yuwono

Jakarta, Gojateng.com -- Praktisi keuangan syariah Deny Hendrawati mengatakan, salah satu kekuatan bank syariah adalah keunikannya (uniqueness) yang berbeda dengan bank konvensional. Menurutnya, fokus pada keunikan bank tanpa bunga ini terbukti membuat bank makin maju dan bermanfaat bagi umat.

“Selain keunikan tentu juga harus diperkuat manajemen dan nilai perusahan. Misalnya integritas, kolaboratif, tanggungjawab dan lain-lain,” katanya dalam peluncuran buku berjudul “Perjuangan Wanita Membangun Keuangan Syariah” di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Menurut Deny Hendrawati, salah satu keunikan itu ada pada akadnya dan nilai universal yang disepakati semua manusia, yakni prinsip keadilan.

“Semua itu menjadi kunci untuk meningkatkan pelayanan dan inovasi produk, serta membina hubungan baik dengan internal perusahaan,” lanjutnya.

Baca Juga: Kolaborasi adalah Kunci Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah

Nilai-nilai universal (universal value) yang ada dalam operasional bank syariah tercermin dari tersedianya akad-akad variatif yang tersedia bagi nasabah, baik nasabah yang memiliki kelebihan dana (surplus spending unit) maupun nasabah yang kekurangan dana (defisit speding unit) yang ingin mendapatkan pembiayaan dari bank syariah.

Bank syariah memiliki banyak akad yang variatif sehingga nasabah dapat memilih sesuai kebutuhan dan keinginannya, misalnya ingin melakukan transaksi dengan sistem jual beli, bisa memilih akad murabahah.

Sementara untuk nasabah yang berkeinginan transaksi sewa-menyewa bisa menggunakan akad ijarah. Untuk nasabah yang menginginkan hasil (return) yang lebih tinggi tersedia pilihan akad bagi hasil (mudharabah) dan akad kerjasama (musyarakah).

Baca Juga: Restoran di Shibuya Ini Gunakan Robot untuk Layani Tamu

Halaman :

Kata Kunci : Deny Hendrawati, Keuangan Syariah, Perbankan Syariah

Bank Indonesia
Rekomendasi
Berita Lainnya
BUMN Bersatu
Pasang Iklan
Berita Foto
Blibli dot com
English CHANNEL
Lihat Semua
Ohayo CHANNEL
Lihat Semua