Be You Be True
Be You Be True
Recover Together, Recover Stronger
Home / News / Ulasan

Terkuat di Asia Tenggara, Ini Deretan Alutsista Tentara Nasional Indonesia

Senin - 16 Mei 2022, 19:09 WIB
Annual Fashion Sale
Editor : Joko Yuwono

Jakarta, Gojateng.com -- Kekuatan yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI) tak bisa dipandang sebelah mata. Saat ini kekuatan militer Indonesia berada di peringkat 16 dunia, dan terkuat di Asia Tenggara.

Berdasarkan situs Global Fire Power atau GFP, Indonesia memiliki sekitar 800.000 personel militer. Terdiri dari 400.000 anggota aktif dan sisanya anggota cadangan.

Mereka terbagi dalam tiga matra, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Untuk mendukung tugas yang diembannya, TNI terus meningkatkan kualitas, baik dari sisi sumber daya manusia maupun kelengkapan alutsista (alat utama sistem persenjataan).

Dari sekian alutsista yang dimiliki AD, AU, dan AL, berikut beberapa alutsista yang menjadi andalan TNI saat ini:

Baca Juga: Deny Hendrawati: Keunikan Prinsip Syariah Solusi Pemberdayaan Ekonomi Umat

 

1. Tank Leopard

Tank Leopard merupakan MBT atau main battle tank yang diproduksi di Jerman. Indonesia menggunakan beberapa tipe tank ini pada 2011, salah satunya tipe Revolution. Tank Leopard memiliki panjang 9,9 meter, lebar 3,75 meter, dan berat mencapai 60 ton. Beragam senjata terdapat di dalamnya, seperti meriam Rheinmettal kaliber 120 mm L44 dengan 42 peluru dan senjata pelengkap berupa MG3A1 2 X 7,62 mm yang berisi 4.750 peluru. Kini, TNI AD memiliki 2 varian tank Leopard, yakni jenis 24 AD sebanyak 42 unit dan jenis 2Ri sebanyak 61 unit.

Baca Juga: Kolaborasi adalah Kunci Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah

Halaman :

Kata Kunci : GoJateng adalah media pemberitaan online seputar Jawa Tengah dalam perspektif bisnis, ekonomi, politik, edukasi, kesehatan, sosial, budaya, dan pariwisata

Bank Indonesia
Rekomendasi
Berita Lainnya
BUMN Bersatu
Pasang Iklan
Berita Foto
Blibli dot com
English CHANNEL
Lihat Semua
Ohayo CHANNEL
Lihat Semua