Be You Be True
Be You Be True
Recover Together, Recover Stronger
Home / News / Ulasan

Sea Water RO Mobile, Penunjang Aktivitas Prajurit di Pulau Terluar

Sabtu - 14 Mei 2022, 14:04 WIB
Foto: Sea Water RO Mobile System
Annual Fashion Sale
Editor : Joko Yuwono

Jakarta, Gojateng.com -- Sekalipun bukan termasuk Alutsista, tapi jangan anggap sepele peralatan yang satu ini. Perangkat ini sangat dibutuhkan utamanya bagi prajurit TNI yang bertugas di wilayah pesisir dan pulau terluar.

Kebanyakan kasus yang dihadapi dalam deployment di dua wilayah tersebut adalah sulitnya mendapatkan akses air bersih (air tawar). Bila kebutuhan kualitas air yang baik sulit terpenuhi, maka kerawanan ini bisa berujung serius dalam menunjang misi operasi yang telah ditetapkan.

Menjawab tantangan diatas, Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat (Dislitbangad) telah mengembangkan Sea Water RO Mobile System, yang mampu mengolah air laut menjadi air siap minum dengan sistem teknologi Reverse Osmosis (RO).

Sea Water RO Mobile System dirancang sebagai solusi yang hemat energi untuk kapasitas kecil, yaitu sekitar antara 8–9 kWh untuk air baku dengan TDS 35.000 ppm dan 9–11 kWh untuk TDS 42.000 ppm ddengan kapasitas produksi mencapai 10–20 m3 per hari.

Baca Juga: Deny Hendrawati: Keunikan Prinsip Syariah Solusi Pemberdayaan Ekonomi Umat

Hemat ruangan

Untuk Instalasi Pengolahan Air (IPA) RO dengan kapasitas kecil (5 – 10 m3/hari), seluruh komponen sistem tersebut hanya membutuhkan luas ruangan sekitar 6 – 10 m2.

Mudah dalam pengoperasian karena pengendalian operasi terpusat pada satu panel yang kecil dan sederhana. Kemudahan untuk menambah kapasitas.

Baca Juga: Kolaborasi adalah Kunci Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah

Halaman :

Kata Kunci : Sea Water RO Mobile System

Bank Indonesia
Rekomendasi
Berita Lainnya
BUMN Bersatu
Pasang Iklan
Berita Foto
Blibli dot com
English CHANNEL
Lihat Semua
Ohayo CHANNEL
Lihat Semua